9 Cara Cerdas Belanja Online dengan Kartu Kredit • TOTO HARYANTO

9 Cara Cerdas Belanja Online dengan Kartu Kredit

9 Cara Cerdas Belanja Online dengan Kartu Kredit

9 Cara Cerdas Belanja Online dengan Kartu Kredit ; Berbelanja online saat ini semakin mudah. Terlebih dengan adanya metode pembayaran menggunakan kartu kredit. Tinggal beri No. kartu kredit, barang telah bisa dibeli.

Walau mempunyai sejuta kemudahan, Anda tetap mesti berhati-hati & waspada pada saat berbelanja & bertransaksi via online. Supaya kemudahan kartu kredit tak berimbas malapetaka, ada baiknya Anda melakukan beberapa hal berikut ini ;

Lakukan Transaksi Menggunakan Komputer Sendiri

Aspek ini dilakukan untuk meminimalisir adanya pencurian data. Pasti Anda sudah sering mendengar namanya kriminal di era digital saat ini. Ada bermacam macam celah dalam transaksi online yang begitu mudah dimanfaatkan oleh pelaku kriminil untuk mendulang keuntungan. Jangan sampai, Anda yang rugi & para “penjahat” itu mendapatkan keuntungan.

Pasang Antivirus atau Antispyware

Hal ini bertujuan supaya komputer Anda terlindung dari serangan virus atau spyware yang bisa melakukan pencurian data perbankan. Bagi Anda yang belum mengetahui hal ini, maka ada baiknya buat segera memasang antivirus & anti-spyware. Ke-2 hal ini dapat menjadi jalan masuk bagi beberapa orang yang berniat jahat.

Pastikan Sekali Lagi

Pastikan url (alamat) web tempat Anda melakukan transaksi benar-benar benar adanya. Hal ini buat mengantisipasi adanya penipuan yang dilakukan dengan cara mereplika situs asli. Anda pasti masih ingat kasus penipuan karcis konser Ben Jovi. Tak tanggung-tanggung, korbannya tak cuma satu atau dua orang. Ada lebih dari 20 orang yang terkena tipu daya dengan memanfaatkan celah ini.

Pilih online shop Tepercaya

diluar itu, Anda juga wajib melihat reputasi serta kredibilitas toko online. Untuk memastikannya, silahkan Anda mencoba menghubunginya via telpon, email. Bisa pula Anda browsing testimonial dari pembeli atau pelanggan. Pemilik online shop pun tentu akan merespon hal ini dengan baik. Mereka pun juga menyadari bahwa apa yang dilakukan oleh pelanggan semata-mata demi keamanan berbelanja.

Catat Transaksi

Disaat Anda melakukan transaksi online, ada baiknya untuk mencatat hal-hal penting seperti nomer transaksi, besarnya biaya, serta nama orang, atau lembaga yang ditransfer. Perihal ini sebagai salah satu antisipasi seandainya anda menemui masalah. Anda pun bisa melakukan pembatalan transaksi kepada pihak bank, seandainya merasa ada yang aneh.Ini merupakan wujud antisipasi apabila nanti terjadi masalah. Jika terjadi masalah di kemudian hari, maka pihak yang dirugikan ialah pihak pembeli.

Bertanya pada Pihak Bank

Langkah berikutnya, jangan sampai sungkan menghubungi pihak bank. Kalau merasa ada yang aneh, maka jangan sungkan untuk menghubungi pihak bank penerbit kartu kredit Anda. Silahkan jelaskan apa masalah Anda & mintalah klarifikasi atau pembatalan transaksi. Meskipun cara ini tak begitu efektif, paling tidak si pelaku tindak penipuan tak lagi bisa memakai Rek. yang sama buat melakukan penipuan lagi.

Biasakan Log Out

Seandainya telah selesai dengan keperluan berbelanja, maka ada baiknya Anda Log Out / Sign Out dari akun toko online tersebut. Hal ini sebagai salah satu wujud antisipasi supaya akun Anda tak disalahgunakan oleh orang lain. Bahkan, lebih baik lagi bila sampai menghapus cache & cookies browser anda.

Membersihkan cache merupakan salah satu cara untuk membersikan jejak di browser. Trick ini terbilang efektif untuk mencegah berbagai bentuk pencurian username & kata sandi. Pencurian ini dapat dilakukan karena masih ada jejak yang tertinggal di browser.

Hindari Menyimpan Kata Sandi pada Situs-Situs Perbankan

Hal ini bertujuan biar orang lain tidak dapat mengaksesnya tanpa sepengetahuan Anda. Apabila sembarangan melakukan save kata sandi, maka nanti jika ada orang yang mengakses situs perbankan Anda, maka dia akan leluasa memindahkan uang Anda sesuai keinginannya.

Cara ini merupakan himbauan yang sering didengungkan oleh pihak perbankan sendiri. Hal ini bukan tanpa dasar. Telah banyak korban kejahatan karena si korban lalai & melakukan hal-hal yang merugikan sendiri.

Limit Terendah

Saat bertransaksi, ada baiknya Anda memakai kartu kredit dengan limit paling rendah. Sama seperti sebelumnya, hal ini bertujuan biar Anda terhindar dari kerugian besar apabila terjadi sebuah hal yang tidak di harapkan.

Jangan beri Celah Pada Tindak kejahatan

Ingat kata ini kan? “Kejahatan terjadi bukan cuma dikarenakan adanya niat si pelaku, namun sebab ada kesempatan”. Mereka bisa berhasil melakukan tindak kriminal lantaran korban lalai pada dirinya sendiri. Karena itu, ikuti langkah-langkah diatas, & jangan beri pelaku tindak kejahatan celah untuk merugikan Anda.

Tags: