Sosok Dibalik Suksesnya TokoPedia • TOTO HARYANTO

Sosok Dibalik Suksesnya TokoPedia

Sosok Dibalik Suksesnya TokoPedia

TOTOHARYANTO.COM – Siapa yang tidak tahu Tokopedia? perhatian semua orang langsung tertuju kepada Tokopedia ketika perusahaan ini berhasil mendapat investasi sebesar Rp 1,2 triliun dari perusahaan modal ventura dari Jepang, Softbank, dan Sequoia Capital dari Amerika Serikat. Kenapa tidak, nilai investasi yang sangat fantastik tersebut memungkinkan Tokopedia untuk mengembangkan bisnisnya menjadi yang terbesar di Indonesia bahkan di Asia Tenggara Sebagai salah satu FJB yang menawarkan kemudahan transaksi berbelanja online. Namun siapa sangka, dibalik kesuksesannya tersimpan sederetan upaya yang luar biasa oleh pendirinya.

William Tanuwijaya sosok dibalik suksesnya TokoPedia, Kisah suksesnya disampaikan dalam nuansa menarik khusus karyawan RPX One Stop Logistics di RPX Center Building, Jakarta. William Tanuwijaya dan rekannya Leontinus Alpha Edison adalah pendiri Tokopedia pada 17 Agustus 2009.

Siapa yang menduga ternyata William mengalawai karier di dunia online dari seorang penjaga warnet. Bermula dari sinilah, ia Ini adalah kisah saya berkenalan dan jatuh cinta dengan Internet. Ketika Internet masih mahal, ia bisa menggunakannya dengan gratis. Setelah tamat kuliah, William sempat bekerja sebagai karyawan pada sebuah perusahaan swasta selama 10 tahun.

Pemuda berbakat yang lahir dan besar di Pematang Siantar, Sumatera Utara ini menceritakan ide awal membangun Tokopedia.

Dalam perbincangan di depan karyawan RPX, Awal karirnya di dunia online terisnpirasi dari Salah satu sosial media Facebook yang pada saat itu lagi boming – bomingya, William mengungkapkan “Mengapa sosial media seperti Facebook dan search engine seperti Google yang kita gunakan sehari-hari itu gratis? Hal ini menjadi landasan saya mendalami pendanaan untuk startup company di negara-negara maju.

Pesan kuat yang ia sampaikan, bahwa semua perusahaan besar dirintis dari ide kecil, kerja keras yang disokong oleh pendanaan secara bertahap oleh pemodal ventura (venture capitals). “Terinspirasi dari hal tersebut, saya mulai mencari pemodal,” Ungkapnya.

Inilah awal karir William, dari Modal yang akhirnya ia miliki adalah menciptakan percaya kepada diri sendiri ketika tidak ada yang percaya pada mimpinya. Mulai aktif berbahasa Inggris, dari yang awalnya tidak dimengerti sama sekali oleh lawan bicara saya. Menaklukkan Belajar berbicara di depan umum dan menaklukkan jiwa tertutup saya.

Alumnus Universitas Bina Nusantara ini mengungkapkan “Akhirnya membangun marketplace online secara gratis. Inilah salah satu model bisnis paling menarik di dunia. Tokopedia sukses dan berhasil membantu merchant (para pengguna) menjadi lebih sukses. Akhirnya, ini sebagai alasan mengapa tetap mempertahankan Tokopedia sebagai salah satu marketplace gratis.

Tags: , , , ,